Kamis, 29 Mei 2008

Ikan Etong/Udang Ayu/Pulau Biawak/Buaya


Iwak etong (Ikan Etong; nama ikan) konon merupakan ikan yang sering ditangkap oleh nelayan indramayu. ikannya besar berdaging tebal, sayang kalau menurut saya rasanya hambar hehe.

sebenarnya komposisi ornamennya ada 3 yaitu, ikan etong, urang ayu (udang), dan buaya. tetapi yang buaya menurut saya adalah biawak, selain tubuhnya lebih kecil dari pada udang dan ikan, di sekitar indramayu memang ada pulau biawak sehingga banyak juga dijajakan sate biawak.

Motif ini salah satu ciri batik indramayu, kadang terlalu ironis dengan melihat ornamen ikan dan udang yang begitu besar, tetapi begitulah cara penggambaran kehidupan lingkungan dalam batik bagi masyarakat batik indramayu.

Ket. gambar; ini termasuk batik tulis keliran dan dapat dibuat dengan cepat, baik anak-anak maupun yang sudah tua. ukuran panjang 225cm x 108cm. bisa ditemui di mirota jogja atau di butik batik binar di safir square a21 yogyakarta jl adisucipto. yang model beginian batiknya cukup murah. 75 ribu diskon 10%. maklum naik terus.

salam hangat, Edy Handoko

1 komentar:

dayak mengatakan...

Hi there
Senang bertemu Anda temanSaya.
Nama saya Kiyoko Nakatani, orang Jepang.

Aku menyukai batik Indramayu.
Ini adalah desain besar.
Apakah Anda memiliki sebuah toko?

my email address
nakayatrading@gmail.com